Forest City Untuk Ibukota Negara Baru

Spread the love
158 Views

Meracara— Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia akan ‘hijrah’ ke salah satu kota di Pulau Kalimantan. Rencananya, IKN yang baru akan mengusung konsep FOREST CITY, demi menjaga keberlangsungan hidup kawasan hutan lindung yang sudah menjadi Heart of Borneo, seperti dilansir di Instagram akun resmi @kemenpupr (18/08/2019)

“Forest city bukan cuma kota dengan banyak taman. Lebih dari itu, forest city adalah konsep kota yang hidup berdampingan dengan alam tanpa merusaknya,” tulis keterangan dalam akun Kemen PUPR.

Selain konsep yang sudah diunggah ke akun Instagram Kemen PUPR, juga muncul bahan paparan berjudul ‘Gagasan Rencana dan Kriteria Desain Ibu Kota Negara’ berlogo resmi Kemen PUPR. Dokumen tersebut berisi desain dari ibu kota negara yang baru.

Ibu kota yang masih dirahasiakan lokasinya ini tercatat seluas 6.200 hektar. Kota ini nantinya akan menjadi simbol identitas negara. Sebagai ikon, nantinya terdapat Monumen Pancasila yang lokasinya tak jauh ddengan Istana Presiden.

Sementara di belakang Istana Presiden terdapat perumahan Menteri yang berseberangan dengan Gedung TNI dan Polri. Adapun konsepnya adalah integrasi ruang hijau dan biru. Geometri Kawasan disesuaikan berdasarkan kearifan lokal.

“Ibu Kota Negara menjadi Kota yang Compact, mengandalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mencapai tujuan SGs,” tulis bahan paparan tersebut.

Kepala Biro Komunikasi Kementerian PUPR Endra Armawidjaja mengonfirmasi kebenaran desain tersebut. Namun apakah desain tersebut nantinya akan dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) atau tidak semua tergantung keputusan Presiden Jokowi sendiri. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *