Pemikiran Tjokroaminoto, Jang Oetama

Spread the love
145 Views

Fadlun Abid, Editor Meracara.com

— Pada awal abad 19, sekitar tahun 1912 an, seorang Pemikir Besar Indonesia , HOS Tjokroaminoto memiliki peran yang besar dalam menanamkan nilai nilai pendidikan bagi generasi masa depan. Dia mengubah rumahnya, di Peneleh Surabaya menjadi rumah kost yang disulap sebagai kawah candradimuka pergolakan pemikiran anak anak didik Pak Tjokro yang kelak akan mewarnai sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

Sebut saja, Soekarno, Semaun, Muso, Darsono, SM Kartosuwiryo, Abikoesno Tjokrosujoso (adik Tjokroaminoto), Alimin dan kelak mereka mereka ini yang akan mewarnai corak pergerakan sebelum kemerdekaan Indonesia 1945.

Rumah Kost di Peneleh Surabaya ini, kalau boleh disebut sebagai “Rumah Pergolakan Ideologi”, betapa tidak karena disana pemikiran pemikiran Tjokro tentang persamaan hak, kedisplinan, Sosialisme Islam, dan persatuan umat menjadi dogma yang menusuk kalbu mereka yang kelak akan menjadi tokoh tokoh bangsa ini, Dengan kata katanya melegenda :
Setinggi-Tinggi Ilmu
Sepandai pandai siyasah
Semurni murni tauhid.

Meski pada akhirnya diinterprestasikan secara berbeda,

Sebut saja Soekarno lebih pada memandang persatuan umat yang nantinya diterjemahkan dalam pemikiran nasionalisme nya, sementara sosialisme, soekarno menamakannya dengan Marhen, sosialisme ala soekarno.

Semaun, Muso, Alimin, Darsono lebih condong pada sosialisme, lebih lebih setelah terpengaruh pemikiran Sneevliet aktivis ISDV ( Indische Sociaal Democatishe Vereeneging) cikal bakal Partai Komunis Indonesia (PKI).

SM Kartosuwiryo, kemurnian Tauhid menjadi titik tolak pemikirannya, apalagi pengaruh Pan Islami waktu itu, yang sangat mempengaruhi Kartosuwiryo yang kelak dia melawan Soekarno dengan Negara Islam Indonesianya.

Bisa jadi pemikiran Soekarno tentang Nasakom terinspirasi dari pergolakan ideologi di Rumah Peneleh itu, dia mencoba menyatukannya.

Itu saja, lagi belajar menulis
Terima Kasih.

Tetep dalam jiwa yang merdeka 100%
Tetep tidak mati

Fadlun Abid

Kampung Kejayaan, Penggawa V Tengah Karya Penggawa
22 Agustus 2019, 1.55

Republik Dargombes

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *