Haji Agus Istiqlal Ajak Berbahasa Lampung

Spread the love
156 Views

Meracara- Pesibar– Haji Agus Istiqlal yang juga Bupati Pesisir Barat mengajak masyarakat Pesisir Barat untuk menggunakan bahasa lampung dalam komunikasi kesehariannya.

“Kadang baru sehari saja dijakarta, pulang ke krui, sudah lupa bahasa lampung,” kelakar Udo Lal (panggilan lain Haji Agus Istiqlal) di kediamannya (28/8).

“Meski lama di Bandung, kami sekeluarga masih menjunjung bahasa lampung dalam keseharian komunikasi di rumah,” lanjut Agus Istiqlal.

Masih menurut Udo Lal berharap seluruh masyarakat Pesisir Barat menjunjung tinggi budaya lokal kita, dengan menggunakan bahasa Lampung, supaya tidak hilang. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung: haruslah mengikuti/menghormati adat istiadat di tempat tinggal kita.

“Masyarakat yang bukan berasal dari Suku Lampung silahkan belajar Bahasa Lampung. Sangat memprihatinkan kita yang tinggal di Lampung ini, kalau sampai tidak tahu Bahasa Lampung, Masyarakat yang memang asli Lampung, Bupati Agus lebih mempertegas, malu kalau sampai tidak menggunakan dan tidak tahu Bahasa Lampung ” ujarnya di sela-sela sambutannya dalam acara Temu Lapang Penyerahan Bantuan Alsintan, di BP3K Kecamatan Pesisir Selatan, Rabu (28/8/2019) seperti dilansir lampung.co.

Sementara itu seperti di lansir dari laman Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BP2B) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia sub Peta Bahasa, tercatat Bahasa daerah di Indonesia saat ini (Januari 2019) tercatat setidaknya ada 671 bahasa daerah yang tersebar dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam hingga Provinsi Papua, 34 Provinsi. Khusus Papua ditulis sendiri, mengingat ada 395 (semula 384) bahasa daerah .

Sementara di Lampung sendiri, Rumpun bahasa Lampung adalah sekelompok bahasa yang dipertuturkan oleh Ulun Lampung di Provinsi Lampung, selatan palembang dan pantai barat Banten. Rumpun ini terdiri dari:

Kelompok ini merupakan cabang tersendiri dalam rumpun bahasa Melayu-Polinesia.

Khusus di Krui Pesisir Barat menggunakan bahasa lampung Api, logat Krui dipertuturkan oleh Etnis Lampung di Pesisir Barat Lampung Barat yaitu Kecamatan Pesisir Tengah, Pesisir Utara, Pesisir Selatan, Karya Penggawa, Lemong, Bengkunat dan Ngaras . (*)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *