Pemkab Way Kanan Studi Pembelajaran Literasi ke Lampung Barat

Spread the love
80 Views

Meracara Lampung Barat – Pemkab Way Kanan Studi Pembelajaran Literasi ke Pemkab Lampung Barat, Rabu (2/10/2019).

Bertempat di Sekretariat Tim Gerakan Literasi Daerah ( Tim GLD ) Kabupaten Lampung Barat dan diterima langsung oleh  Sarjak SH Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Barat dan Drs Sandarsyah Sekretaris Tim GLD Lampung Barat mewakili Ibu Ketua Tim GLD Partinia Parosil Mabsus.

Rombongan dari Kabupaten Way Kanan terdiri dari Suharmaji Spd MM Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan, kemudian Akhmad Khoirudin SE Ketua PIC Transformasi Perpustakaan, Drs Suparno MM Ketua MKKS SMP 4 Way Kanan dan Mustopa,S.Pd.M.MPd Kepala Sekolah SMPN di Way Kanan. 

Usai melakukan kegiatan di Sekretariat Tim GLD Lampung Barat, Rombongan dari Way Kanan berkunjung ke SMP Literasi di Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit dan mengunjungi Perpustakaan Pekon Padang Tambak di ke Kecamatan Way Tenong.

Sekretaris Tim GLD Lampung Barat Sandarsyah mewakili Ibu Ketua Partinia Parosil Mabsus menjelaskan Hal-hal yang menjadi Point tujuan Kunjungan Kerja Kabupaten Way Kanan.

” Kita Tim GLD di Lampung Barat memiliki Tag Line “Literasi Di Negeri Kopi Lampung Barat” , Untuk Tim GLD nya dikukuhkan pada 27 September 2019 di di Pekon Padang Tambak Kecamatan Way Tenong, bersamaan dengan Pengukuhan tersebut juga dicanangkan Pekon Padang Tambak sebagai Pekon Literasi oleh Bapak Bupati Parosil Mabsus” jelas Sandarsyah.

“Aktifnya Gerakan Literasi di Lampung Barat selama kurun watu satu tahun ini tidak terlepas dari komitmen Ibu Ketua Partinia Parosil untuk mendukung Program Bupati Lampung Barat yang salah satunya adalah Lampung Barat sebagai Kabupaten Literasi, selain itu benar seperti yang dikatakan Pak Suharmaji bahwa banyak Masyarakat maupun Penggiat-Pengiat Literasi dari berbagai Komunitas yang juga mendukung Gerakan ini di wilayahnya masing-masing, semua ini merupakan penterjemahan dari tujuan GLD untuk menumbuhkembangkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan mulai dari keluarga,sekolah dan masyarakat, sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup,” tutup Sandarsyah.  

Sedangkan Suharmaji selaku Ketua Tim mengungkapkan bahwa Kunjungan Kerja mereka ke Lampung Barat dalam rangka Persipan Kabupaten Way Kanan sebagai Kabupaten Literasi.

“Beberapa hal penting yang menjadi tujuan kami ke Lampung Barat diantaranya kami mempelajari Struktur Gerakan Literasi di sini, juga Struktur Gerakan Literasi Kecamatan, Tata Cara Pelantikan Pengurus Tim Literasi Daerah dan Kecamatan, serta kami juga kan berkunjung ke SMP Literasi di Sekuting Terpadu Kecamatan Balik Bukit dan ke Kecamatan Way Tenong yang Perpustkaan Pekonnya selain Juara 1 Tingkat Propinsi juga Juara Harapan 1 Di Tingkat Nasional Tahun 2019 ini,” ungkap Suharmaji. 

Suharmaji juga mengapresiasi Kegiatan Literasi di Lampung Barat yang banyak terlibat di dalamnya para Penggiat-Penggiat Literasi dari Ragam Komunitas.

“Ada banyak hal yang akan menjadi pembelanjaran kami di Lampung Barat terkait Gerakan Literasinya yang aksinya kami nilai sudah sepatutnya menjadi contoh untuk kami terpakn di Way Kanan,” kata Suharmaji. (son-rd)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *